--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

Tumblr Founder

David Karp
kategori : HnD Articles

Pecinta blog pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Tumblr. Tumblr adalah platform microblogging dan situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya mengirim multimedia dan konten lainnya dalam bentuk blog singkat.

“Saya menyadari bahwa saya menghabiskan waktu sepanjang hari untuk bekerja pada sesuatu yang benar-benar saya cintai... Itu sangat luar biasa, bebas stres dan penuh perasaan positif.”
 
Adalah David Karp, seorang developer dan wirausahawan. Ia merupakan penemu dan CEO dari situs blog Tumblr. Berdasarkan majalah Forbes, David memiliki total kekayaan sebanyak $200 Juta dan Tumblr bernilai sekitar $800 Juta. 
Pada tanggal 20 Mei 2013, Yahoo! membeli Tumblr seharga $1.1 Milyar. Namun, David tetap menjadi CEO-nya.
 

David Karp memulai karirnya sebagai seorang pekerja dibawah pimpinan Fred Seibert disebuah perusahaan animasi Frederator Studios. Di tempat inilah ia membangun studio blog pertamanya, menulis dan mengedit jaringan video via internet pertama mereka, Channel Frederator. David juga bekerja secara online di forum parenting UrbanBaby hingga situs tersebut dijual kepada CNET di tahun 2006. Setelah itu, akhirnya David memutuskan menciptakan sendiri perangkat lunak untuk perusahaan konsultasi, Davidville. Ia bekerja sama dengan seorang teknisi bernama Marco Arment.

Marco Arment dan David Karp


Saat kesenjangan kontrak terjadi pada mereka di tahun 2006, keduanya mulai mengerjakan sebuah situs microblogging yang diluncurkan pada bulan Februari tahun 2007 dengan nama Tumblr.Pada 11 Juni 2013, lebih dari 114 juta orang menjadi pengguna Tumblr.

Pada Agustus 2009, David Karp mendapatkan Best Young Tech Entreprenuer oleh BusinessWeek. Juga pada tahun 2010, ia dinobatkan sebagai salah satu inovator di bawah umur 35 tahun oleh MIT Technology Review TR35.

 

Early Life

Lahir pada 6 Juli 1986 dan besar di New York, David Karp tumbuh di daerah Upper West Side, Manhattan. Ibunya, Barbara Ackerman merupakan seorang guru dan ayahnya, Michael D. Karp merupakan seorang komposer film dan acara televisi. Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Kevin. Namun sayangnya, saat umurnya 17, orangtuanya berpisah.

David bersekolah di Calhoun School hingga kelas 8 – sekolah dimana ibunya mengajar sains. Pada kelas 11, ia mulai mempelajari HTML dan merancang suatu situs web untuk bisnis lokal. Di usianya yang ke-15, ia melanjutkan studi ke Bronx Science, namun akhirnya berhenti dan mulai homeschooling. Pada saat itulah, David mendapatkan inspirasi untuk masuk ke perguruan tinggi New York atau MIT dan beranggapan homeschooling dan proyek yang dikerjakannya sebagai jalan untuk memberikannya nilai tambah baginya di perguruan tinggi nanti. Hingga kini, David Karp tidak pernah kembali bersekolah ke perguruan tinggi ataupun mendapatkan ijazah SMA-nya.

 
Career

David Karp memulai karirnya dengan magang di Frederator Studios pada usia 14 tahun. Ibu David merupakan tedam dari istri dan guru dari anak Fred Seibert - pemiliki studio tersebut. Awalnya, ia kagum melihat pekerjaan dan proyek yang dikerjakan teknisi di studio tersebut, sehingga ia berkunjung semakin sering dan akhirnya magang.
Saat homeschooling, ia juga mengambil kelas bahasa dan kebudayaan Jepang dan mengenal seorang tutor matematika – dimana ia diajarkan untuk membuat perangkat lunak. 
 
Saat seorang usahawan bernama John Maloney meminta bantuan Frederator untuk mencarikan seorang teknisi dalam rangka membangun situs forum parenting online UrbanBaby, David direkomendasikan untuk mengerjakannya. David berhasil menyelesaikan proyek yang harusnya dikerjakan selama beberapa hari menjadi empat jam saja. Hal ini membuat John Maloney sang pemilik langsung menjadikannya sebagai kepala divisi dan memberikan sedikit saham padanya. 
 
David meninggalkan UrbanBaby pada tahun 2006 saat situs tersebut dijual kepada CNET. Dengan hasil penjualan sahamnya, ia menciptakan sendiri perangkat lunak untuk perusahaan konsultasi sendiri bernama Davidville bersama dengan Marco Arment. David memang sudah tertarik pada tumblelogs (bentuk pendek dari blog) dan menunggu untuk mendirikan platform tumblelogging-nya sendiri. Akhirnya setelah dikerjakan disela kesenjangan kontrak mereka pada tahun 2006, situs microblogging bernama Tumblr diluncurkan pada Februari 2007. Dan hanya dalam rentang waktu dua minggu sejak diluncurkan, Tumblr menyedot lebih dari 75 ribu pengguna.
 
Oktober 2007, David menutup usaha konsultasi perusahaannya untuk lebih memperdalam Tumblr. Davidville – nama lama dari perangkat lunak ciptaannya, diubah menjadi Tumblr. 25% dari saham perusahaan terjual kepada beberapa perusahaan kecil. Dan pada 19 Mei 2013, Tumblr mengepalai lebih dari 108 juta blog.
Pada 20 Mei 2013, Yahoo! dan Tumblr diumumkan mencapai kesepakatan untuk mengambil alih Tumblr dengan nilai $1.1 Milyar. David tetap menjadi CEO-nya.
 
 
 
Fakta Unik David Karp
- David Karp lahir dan besar di Manhattan. Ia dikeluarkan dari sekolah di umur 15 tahun, homeschooling selama 3 tahun dan akhirnya bekerja.
 
David Karp saat menjadi pembicara di sekolahnya dulu, Calhoun, Upper West Side 
 
- Saat semua teman seumurannya berada di perguruan tinggi, ia menjadi kepala divisi di UrbanBaby.
 
- David menggunakan uang hasil penjualan sahamnya dari UrbanBaby untuk menciptakan Davidville, sebuah perusahaan konsultasi dan untuk memperkenalkan hasil produksinya sendiri. Salah satunya adalah Tumblr, cara termudah untuk membuat blog dan membagi sesuatu secara online. Lebih dari 105 juta orang menggunakan Tumblr dan lebih dari 300 juta pengunjung setiap bulannya.
 
Peserta Tumblr Camp 2011

- David Karp bernilai $200 Juta. Nilai ini sebelum pengambil alihan dari Yahoo! maupun Facebook.
 
- David tinggal di sebuah apartement mewah di Williamsburg, Brooklyn. Ini satu-satunya barang termewahnya – ia bukan seorang yang suka pamer kekayaan.
 
Pemandangan dari Apartemenen David di Brooklyn
 
- Dia sangat minimalis. 
 
Ruang Tamu di apartemen David - hanya ada Sofa, TV dan sebuah meja
 
- Dia memiliki kekasih, Rachel Eakley dan anjing bernama Clark.
 
Clark dan Rachel

- Selain apartemen mewah, hal mewah lainnya yang ia miliki adalah permintaan Rachel. Sebuah dapur high-end, karena Rachel merupakan seorang chef.
 
David Karp dan kekasihnya, Rachel 
 
- David seorang world traveler.
 
David dan Rachel saat mereka berwisata ke Belize 
 
- David mengendari sebuah vespa untuk bekerja setiap harinya. Dia lebih memilih vespa karena lebih murah dari taksi. Ia juga memiliki minat dalam kendaraan bermotor lainnya.
 
 
- Ia menyukai mobil antik. David merupakan anggota dari klub mobil klasik di Manhattan. Ia memiliki mobil 1996 Porsche 993 Carrera 4S.
 
- Setiap malam, ia dan kekasihnya hanya menyaksikan acara televisi seperti “Top Gear” atau “Futurama”. Mereka tidak memperbolehkan laptop masuk ke dalam kamar mereka.
 
- David Karp juga seorang photographer ( dia yang memotret hampir seluruh karyawan di Tumblr).
 
- Dia peminum teh dan tidak minum kopi.
 
- Tujuan hidupnya : tetap bekerja di Tumblr sepanjang hidupnya.
 
 
- Impiannya : menciptakan hasil karyanya sendiri yang bisa digunakan semua orang di dunia ini.
 
 
 
 
 
 
Sumber: Wikipedia.org, Businessinsider.com


posted date : 2013-08-06 09:42:54