--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

Welcome To The World Windows 8!


kategori : HnD Articles

Setelah lama dinanti-nanti, akhirnya microsoft telah resmi merilis Windows 8 sebagai penerus seri sebelumnya. Setelah beberapa kali menunda peluncurannya dan membuat banyak yang kecewa, semua itu lunas dibayar dengan fitur-fitur menawan dari windows 8. Windows 8 sendiri resmi dirilis pada bulan Oktober 2012 dengan berbagai fitur-fitur baru yang mutakhir.

 


Windows 8 penuh akan perubahan pada versi windows sebelumnya, dengan beberapa perubahan tampilan yang sepintas mirip android dan juga mirip dengan windows 7/Vista .

Salah satunya yang paling mencolok adalah pada tampilan Desktop, Multi monitor dan Menu.Dengan mengusung gaya retro membuat new interface yang disuguhkan microsoft sangat berbeda dengan OS sebelumnya yaitu Windows 7 dan Windows XP.

Sistem operasi besutan Microsoft ini hadir dalam tiga versi, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows 8 RT.Sebelum mengunakan Sistem Operasi yang satu ini, ada baiknya kita memahami segala kekurangan dan kelebihan Sistem Operasi Windows 8 terbaru ini.

 

Berikut pembahasan mengenai Windows 8:

Home Screen

Di Windows 8,  Home screen menampilkan berbagai macam aplikasi yang terinstal, dengan tampilan icon yang besar dan bervariatif gambarnya.
Di home screen juga terdapat beberapa menu seperti : 
 
· Change USER TITLE
Fitur untuk mengubah nama User (seperti pada Windows XP)
· LOCK
Fitur baru untuk mengunci layar, sama seperti fitur yang ada pada Smartphone dan Tablet PC.
· Log Off
· ADD user


Desktop 
 
Tidak Sama seperti pada windows sebelumnya, setelah booting anda akan lagsung disuguhkan kepada tampilan Metro UI (User Interface), sebuah perubahan visual yang mengutamakan tampilan “yang enak dipandang dimata”.
 
 
Multi Monitor


Di Windows 8 juga disediakan fasilitas multi-monitor yang dimana multimonitor ini terbagi antara metro UI screen di monitor 1 dan Desktop screen di monitor 2. Atau anda bisa memunculkan desktop di kedua monitor dengan menekan WIN + M.
Dan yang paling berbeda adalah kemunculan taskbar di setiap layar monitor yang anda gunakan, karena di versi sebelumnya taskbar ini hanya muncul di satu monitor saja.
 
 
Control Panel 
Hampir sama pada versi windows sebelumnya, Menu control panel yang ada di windows 8 ini juga berfungsi sebagai control atas aplikasi dan pengaturan yang lainnya. Hanya saja perlu menekan more setting untuk mendapatkan akses control panel yang lebih terperinci.
 
 
News Headline 

Salah satu fitur terbaru dari Windows 8. Menu Headline yang ditampilkan secara menarik dan berisikan update berbagai sumber berita di internet.
 
 
Windows Explorer 


Perbedaan yang juga terlihat mencolok adalah pada Windows Explorer.
Yang dimana perubahan ini adalah ditambahkannya toolbar Ribbon  yang sama seperti pada microsoft windows 2007 / 2010. Namun ribbon di windows explorer ini berisikan menu yang ada pada klik kanan mouse anda, seperti copy, cut,Paste, Delete, Rename dan New Folder.
 
 
 
Fitur-fitur Menarik dari Windows 8 :

1. Internet Explorer
Internet Explorer sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Melalui browser ini pengguna bisa berselancar di internet dengan cepat, serta mendapatkan pengalaman baru dengan sistem navigasi yang berbeda.
Untuk kembali ke halaman yang sebelumnya, pengguna hanya perlu menggeser ke kanan atau kiri, sedangkan untuk memperbesar bisa dilakukan hanya dengan double clik.
 
2. App Bar
Seperti diketahui bahwa Windows 8 memiliki antar muka baru yang mereka sebut Metro Style. Navigasi pada sistem operasi ini sangat berbeda, pengguna bisa menemukan sederet aplikasi hanya dengan menggeser bar dari bawah ke atas.
 
3. Toko Aplikasi
Ketika dirilis nanti Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang mereka sebut Windows Store. Konsepnya mirip dengan yang ada di Android, iOS, dan smartphone lainnya.
Untuk menikmati fasilitas ini pengguna harus memiliki akun Microsoft. Konon di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi dan game menarik yang bisa dinikmati secara gratis selama periode Consumer Preview.
 
4. Layanan Cloud
Mungkin ini adalah generasi Windows pertama yang sudah memiliki beberapa layanan berbasis cloud computing. Di dalamnya sudah ada penyimpanan cloud untuk email, kalender dan kontak. Namun sayang, Microsoft Office sepertinya belum tersedia pada versi Consumer Preview ini.
 
5. Serba Geser
Mungkin ini adalah fitur yang paling menyenangkan di Windows 8. Pada versi Consumer Preview pengguna sudah dimanjakan dengan sistem navigasi serba geser (sliding). Geser untuk berpindah aplikasi, geser untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif, dan lainnya.
 
 
 
Kelebihan dari Windows 8 :

1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8 hadir dengan optimalisasi penuh untuk layar sentuh. Dengan interface yang metro semakin cocok jika digunakan untuk layar sentuh seperti Windows Phone.
 
2. Waktu boot yang singkat
Kelebihan yang menonjol dari Windows 8 adalah waktu booting yang sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik dan windows telah siap digunakan. Berbeda jauh dengan windows sebelumnya yang membutuhkan waktu lebih dari 10 detik.
 
3. Penampilan Lebih Dinamis
Sama seperti telepon seluler (ponsel) cerdas dan tablet, komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dilengkapi dengan fitur notifikasi dan informasi saat ini, terkait akun Anda di dunia maya. Misalnya saja kotak masuk surat elektronik (e-mail). Selain itu Anda juga akan otomatis terhubung dengan situs penyimpanan data milik Windows, Skydrive.
 
4. Sistem Pencarian Data Lebih Universal
Dengan Windows 8, Anda lebih mudah dalam mencari data yang diinginkan. Cukup mengetik nama data di tampilan awal, langsung muncul beberapa pilihan data yang terkait.
 
5. Mendukung chip ARM
Microsoft terkesan sangat ingin memperluas jangkauan dari Windows 8 dan memperbanyak pengguna untuk menggunakan Windows 8. Terbukti Windows 8 telah mendukung Chip ARM yang mana kebanyakan tablet menggunakan Chip ARM.
 
6. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Komputer yang dapat menjalankan Windows 7 berarti mampu pula menjalankan Windows 8, yang artinya user tidak perlu meng-upgrade komputer. Windows 8 mampu berjalan dengan baik dengan hanya menggunakan RAM 1 GB dan prosesor intel atom.
 
7. Toko aplikasi Windows Store
Kini pengguna tidak usah kebingungan untuk mencari aplikasi karena Microsoft telah menyediakan Windows Store. Dengan menggunakan Windows 8 yang dapat mengakses Windows Store, pengguna bisa mengunduh atau membeli aplikasi yang dapat mengoptimalkan Windows 8.
 
8. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.
 
 
Tampilan menarik, sistem kerja yang lebih cepat dan fitur baru mungkin menarik perhatian kita. Bahkan kita menjadi sangat ingin meggunakannya sesegera mungkin. Tapi, sesuatu yang baru pasti ada saja kekurangan yang harus diperbaiki.
 
 
 
Inilah beberapa kekurangan dari Windows 8 :

1. Tidak Ada Tombol Start dan Close X
Sayangnya, tidak ada tombol start dan Close X di tampilan muka Windows 8. Hal ini membuat pengguna bingung dan sulit untuk memulai pekerjaan, menutup pekerjaan atau mengakses program. Meski adanya sistem pencarian data, tapi keberadaan tombol Start dinilai sangat penting untuk kemudahan pengguna.
Untuk mengakhiri tugas di Windows 8, Anda mesti mengarahkan panah mouse Anda ke atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, Anda harus men-drag-nya, dan barulah program tersebut tertutup.
 
2. Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi
Ini yang mungkin paling membingungkan bagi pengguna Windows 8. Sebab, saat beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang bisa terbuka secara bersamaan, sementara data lainnya tersembunyi. Anda mesti menggunakan fitur pencarian universal untuk membuka data yang lain.
 
3. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.
 
4. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons
Ketika ukuran tiles yang paling kecil masih saja terkesan terlalu besar akan membuat tampilan jika banyak aplikasi menjadi kacau karena ukurannya yang terlalu besar. Opsi untuk mengubah tiles menjadi icons sudah tidak ada lagi di Windows 8.
 
5. Berpindah antar screen menjadi sulit
Kebiasaan pengguna yang memakai windows 7 atau windows XP ketika berpindah aplikasi yang sedang aktif adalah menggunakan alt + tab. Hal ini tidak bisa lagi dilakukan di Windows 8 karena fitur ini telah di hapus dan digantikan dengan cara menggerakan mouse ke arah kiri dan kemudian akan muncul pop up yang di dalamnya terdapat aplikasi yang sedang aktif. Masalahnya jika menggunakan banyak aplikasi yang sedang aktif akan membuat repot pengguna.
Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka kita harus klik beberapa kali atau mencoba lagi.
 
6. Interface Metro yang kurang nyaman untuk desktop
Memang benar adanya Windows 8 akan sangat nyaman di gunakan jika menggunakan layar sentuh seperti tablet. Tetapi bagaimana dengan pengguna desktop ? Ternyata pengguna desktop seperti Notebook sangat tidak kompatibel dengan Windows 8. Microsoft seharusnya menambahkan fitur seperti kill-switch yang berfungsi untuk mematikan Metro UI.
 
7. Konten Flash di Tablet PC
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.
 
 
 
 
Setelah membaca artikel diatas, pasti banyak dari anda yang memiliki pertanyaan dalam benak anda mengenai Windows 8.
Silakan simak satu per satu jawaban dari pertanyaan dibawah ini.
Sehingga saat Windows 8 resmi rilis untuk publik nanti, anda sudah mengenalinya dengan baik.
 
1. Apakah ada opsi yang memungkinkan booting langsung ke traditional Windows Desktop dan melewati proses yang ada di Metro UI?
Jawab: Tidak ada.
Tidak disediakan toggle resmi untuk melakukannya. Hal seperti itu hanya bisa dilakukan melalui sebuah registry hack. Ada sebuah aplikasi third-party non-official untuk me-nonaktif-kan Metro UI.
 
2. Seberapa baik solusi integrasi antivirus yang disediakan? Bagaimana tampilannya?
Jawab: Antivirus itu adalah bagian dari Windows Defender.
Ada sebuah entry dalam Action Center yang terdapat dalam Control Panel:
 
 
 
 
Dan ini adalah tampilan aplikasi Windows Defender:
 
 
3. Bisakan Windows 8 kembali ke desain Windows model lama?
Jawab: Secara resmi Windows 8 tidak menyediakannya. Namun bisa dilakukan dengan cara mencari hidden folders yang ada di file system. Jika men-nonaktif-kan Metro UI (pertanyaan #1) maka desain Windows model lama bisa dimunculkan.
 
 
4. Apa yang terjadi jika install Windows UI model lama?
Jawab: Link ke aplikasi muncul sebagai new tile seperti pada Metro UI.
 
 
5. Apakah tiles itu bisa diatur sesuai keinginan?
Jawab: Dengan cara dragging. Tidak ada cara untuk melakukan grouping pada tiles itu.
 
 
6. Selain membuka aplikasi, apa lagi yang bisa dilakukan dari screen tile di Metro UI?
Jawab: *Memindah icon dengan cara dragging
 
 
* Klik kanan pada aplikasi yang ada di Microsoft Store akan memberikan opsi unpin dan uninstall. Di sejumlah kasus, tile bisa di-resize (diperkecil dan diperbesar ukurannya)
 
 
* Klik kanan pada app tile bisa memberikan fungsi unpin dan opsi tambahan yang berisi sejumlah opsi lain.
 
 
7. Apakah banyak bugs di Windows 8 ?
Jawab: Ya.
 
8. Apakah masih bisa ditemukan Windows Registry Windows 8?
Jawab: Karena registry hacks masih bisa dilakukan, itu berarti masih ada Windows Registry di Windows 8.
 
9. Jika tidak ada lagu Start menu, lalu apa fungsi Start button di Windows 8?
Jawab: Fungsi Start button di Windows 8 ada dua:
- Dengan meletakkan pointer pada Start button di sudut kiri bawah maka akan muncul screen ini:
 
 
- Klik pada Start button akan memberikan opsi untuk berpindah antara classic desktop dan Metro UI tiles screen.
 
 
10. Sudah bisakan virtualisasi Windows 8?
Jawab: Sejauh ini virtualisasi Windows 8 hanya bisa dijalankan saat dijalankan pada VirtualBox. Untuk bisa melakukannya, ikuti langkah ini:
 
Catatan! PC harus telah support hardware virtualization.
- Download dan install VirtualBox.
- Download Windows 8 ISO di sini. Sejauh ini sudah dites menggunakan 32-bit ISO.
- Buatlah sebuah VirtualBox baru. Namai sembarang dengan tetap memilihi Windows 7 sebagai OS type-nya.
- Di Motherboard tab di bawah System, centang ‘Enable IO APIC’
- Di Processor tab di bawah System, centang ‘Enable PAE/NX’
- Di Acceleration tab di bawah System, centang ‘Enable VT-x/AMD-V’ dan ‘Enable Nested Paging’.
- Di Video tab di bawah Display, centang ‘Enable 2D acceleration’
- Jangan lupa jalankan file Windows 8 .ISO file yang telah Kamu isntall. Virtualisasi Windows 8 siap dijalankan.
 
 
11. Apakah Windows 8 lebih cepat atau lebih lambat dari Windows 7?
Jawab: Belum bisa dipastikan, Namun jika dilihat dalam system resources, Windows 8 jauh lebih ringan dibanding Windows 7.
 
 
12. Apa yang terjadi pada Metro UI jika menjalankan aplikasi model lama?
Jawab: Saat klik di aplikasi, akan muncul transisi ke classic desktop, kemudian aplikasi baru bisa dijalankan. Saat ini fungsi semacam itu masih belum berjalan mulus.
 
 
13. Apakah Windows Activation masih muncul?
Jawab: Tidak diperlukan key untuk Windows 8 versi developer build, namun masih ada Windows Activation.
 
 
 
 
Semoga membantu :)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source : Pelbagai Sumber


posted date : 2012-11-10 14:54:36