--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

Tips membeli accesories computer / laptop.


kategori : HnD Articles

Seringkali kita sering bingung membeli accesories komputer / laptop karena adanya perbedaan harga yang jauh untuk barang yang sama dan banyaknya istilah “aneh” yang muncul. Bagaimana kita mengatasi hal ini ?

Kami mencoba memberikan beberapa tips menurut pengalaman kami selama berkecimpung dalam penjualan hardware IT, yaitu :

·         “Harga nyaris tidak pernah bohong”. Hampir semua barang dengan kualitas yang bagus dan daya tahan yang bagus dibandroll dengan harga yang bagus pula.

·         “Check brand yang mau dibeli kepada Daeng Google”. Seperti yang diketahui bahwa beberapa barang accesories yang merk-nya asing mempunyai harga yang sangat murah. Kalau kita diberikan perbandingan harga yg berbeda jauh untuk 2 jenis barang yang sama secara fungsi namun berbeda brand maka coba tanyakan kepada Google. Pastikan kita memperhatikan dengan baik semua spesifikasi teknis spt : kecepatan transfer, versi, dan kompatibilitas. Untuk memastikan kita tidak salah membelanjakan uang kita, maka melalui Google pun kita bisa mencari website brand yang akan kita beli. Biasanya brand yang bagus menyediakan website untuk memberikan informasi yang cukup kepada customer dan memberikan layanan support perangkat lunak seperti driver maupun update firmware.

·         “Tanyakan kepada yang lebih pengalaman”. Jika spesifikasi yang tertera pada alat yang akan kita beli sudah sesuai dan kadang-kadang dicantumkan “All in One” , jangan lekas percaya. Apakah kita pernah mencoba semua port USB pada USB Hub pada saat membeli ? Apakah kita sudah memastikan 2 sampai 4 device dapat berjalan bersamaan ? Apakah USB Hub kita bisa mengakomodasi beberapa storage dengan kapasitas besar ? Apakah kita pernah mencoba semua slot card reader pada card reader yang kita beli ? Berapa banyak slot yang bisa berfungsi ? Penahkan kita mencoba melakukan transfer file besar ? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses itu ? Pernahkan kita memasukkan storage card dalam ukuran besar ? Apakah alat kita bisa membaca dengan baik ? Menurut pengalaman kami, hal inilah yang menjadi pembeda harga antara beberapa brand yg terkenal dan brand abal-abal (minor brand). Saran kami, tanyakan lah kepada yang lebih pengalaman entah kawan atau relasi disekitar kita.

·         “Investasikan pada brand yang sudah berpengalaman dibidang masing-masing”. Selama ini terjadi spesialisasi untuk beberapa kategori accesories. Sebagai contoh : Kingston sangat menguasai teknologi  chip storage. Meski beberapa brand lain seperti Toshiba, HP, Transcend, dll bersaing ketat. Begitupun untuk card reader. Sangat terlihat dominasi Kingston dikalangan fotografer dan industri perangkat lunak handphone. Untuk mouse kita bisa mencoba Logitech, Toshiba, Lexcron, Cliptec, A4 tech, Targus, dsb.

·         “Hati-hati barang palsu”. Makin terkenal suatu brand maka barang aspal (asli tapi palsu) semakin menghantui. Beberapa barang aspal seperti Kingston Flash Disk dan Mouse Logitech, Mouse Toshiba, dsb beredar disekitar kita. Pastikan kita membeli dari toko yang bisa terpercaya

Demikian beberapa Tips dari kami, semoga bisa membantu dalam memilih barang yang sesuai dengan harapan.



posted date : 2011-12-20 01:29:00