--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

Teknologi HSDPA pada Modem


kategori : Hardware/Software Terkini

Dalam smartphone, akses internet yang sangat cepat dapat diambil dari antena telepon seluler itu sendiri yang akan diproses lebih lanjut. Sedangkan untuk laptop atau netbook, computer belum tentu dapat menangkap dan memproses sinyal yang ada, kebanyakan hanya dapat menangkap sinyal melalui Wi-Fi ataupun Bluetooth®. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menggunakan modem.

Penggunaan USB modem dengan menggunakan mobile broadband service sudah menjadi tren saat ini, dimana dengan USB Modem, kita dapat mengakses internet di mana saja dan kapan saja. Dan yang paling penting untuk diketahui, kebanyakan provider yang menawarkan fasilitas download bulanan yang menggunakan limit atau batas tertentu. Banyak pengguna yang menganggap bahwa batas tersebut cukup memenuhi kebutuhan mereka, tetapi banyak juga pengguna yang harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membayar kelebihan atau over-limit data selama pemakaian.

Adapun teknologi yang digunakan pada modem yaitu HSDPA. HSDPA(High Speed Downlink Packet Acces) merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi.

Dimana HSDPA ini pertama kali diperkenalkan di Jepang (berupa 3G+ sampai 3.5G). Teknologi 3,5G ini selalu berkembang sama seperti pada generasi sebelumnya. 3.5G adalah teknologi lanjutan dari 3G yang dapat memberikan layanan suara, video, maupun akses dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps atau sembilan kali lebih cepat dari layanan 3G umumnya. 

Kelebihan teknologi HSDPA antara lain dapat digunakan untuk banyak user secara bersama-sama. Tetapi jika semua user melakukan download file dengan kapasitas yang besar dari internet, akan berimbas pada aliran data, yaitu seluruh user akan mendapat koneksi yang lambat.

Selain itu frekuensi yang dipakai oleh teknologi ini sudah dapat dimaksimalisasikan secara efisien dengan pemakaian frekuensi yang tepat.

HSDPA juga dapat mengurangi tertundanya pengunduhan atau download data (delay), walaupun dengan banyaknya pengguna dari koneksi HSDPA, unduhan data tidak akan tertunda, tetapi mungkin mengalami sedikit keterhambatan aliran data.

Adapun kecepatan unduh data dengan HSDPA :
- Di lingkungan perumahan teknologi ini dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps.
- Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps.
- Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 Kbps.

Teknologi pengiriman data semakin berkembang, kita harus cerdas dalam memilih sesuai kebutuhan kita, sehingga dengan teknologi akan menunjang dan mempermudah semua kebutuhan kita.



posted date : 2011-01-15 23:25:41