--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

Mengenal Teknologi GPS


kategori : Review Hardware

Pada zaman modern seperti saat ini, mobilitas manusia semakin meningkat, seiring dengan padatnya aktivitas yang mereka lakukan. Namun, ada beberapa kendala dalam melakukan mobilitas tersebut, misalnya kemacetan di jalan raya ataupun tersesat ketika mencari sebuah alamat. Untunglah sekarang ini ada teknologi yang memudahkan mereka untuk melakukan berbagai kegiatan, dan untuk mengatasi kendala di atas, hadirlah sebuah teknologi bernama GPS.

GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi satelit yang pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.

Cara kerja GPS terbilang cukup sederhana, pertama kali harus terjadi koneksi antara GPS receiver dan satelit. Dalam hal ini GPS receiver akan mencari sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit di sekeliling bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumi. Biasanya GPS receiver dapat menangkap 4 sampai 8 buah satelit.

Untuk mengetahui posisi suatu GPS receiver dengan akurat, diperlukan minimal 3 satelit yang terhubung. Pengukuran posisi GPS receiver didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan triliterasi. Yaitu pengukuran suatu titik dengan bantuan 3 titik acu.

Untuk mendapatkan sinyal tersebut, perangkat GPS harus berada di ruang terbuka. Apabila perangkat GPS kita berada dalam ruangan atau kanopi yang lebat dan daerah kita dikelilingi oleh gedung tinggi maka sinyal yang diperoleh akan semakin berkurang sehingga akan sukar untuk menentukan posisi dengan tepat atau bahkan tidak dapat menentukan posisi.



GPS dipergunakan pada berbagai bidang antara lain, sistem navigasi pesawat, laut dan darat, pemetaan dan geodesi, survei, sistem penentuan lokasi, pertanian, eksplorasi sumber daya alam, dan masih banyak lagi. Secara umum perangkat GPS dibagi menjadi 3 (tiga) fungsi yaitu navigasi udara (aviation), laut (marine) dan darat (land).

Teknologi GPS dapat digunakan oleh siapa saja, yang kita butuhkan hanya membeli perangkat penerima GPS dan selanjutnya informasi posisi dapat kita dapatkan tanpa membayar apapun.

Salah satu GPS Navigator  yaitu IWARE GPS 8801-Blaze, yang memiliki fitur lengkap.  Sebagai GPS, IWARE GPS 8801-Blaze  dapat diinstall berbagai macam peta navigasi yang dapat menuntun  Anda mencapai tujuan dengan cepat dan selamat. Selain itu  IWARE GPS 8801-Blaze bisa untuk melihat video,memutar musik  MP3  menyimpan dan melihat foto-foto.
 
Untuk info lebih lengkap, kunjungi tautan berikut ini  :

http://www.hndcomputer.com/products/detail1894/iware_gps_8801_blaze.html



posted date : 2010-12-20 12:08:04