--  HND COMPUTER  -- JL.  INCE  NURDIN  No  1AB  MAKASSAR   |   HOTLINE : (0411) 3620999 | WA : 0812 42889996 / 0821 57406456 / 0813 42113311
TOKO KOMPUTER ONLINE MAKASSAR
Customer Email  Password 
  Total : 0 item  
MY CART
Back to Articles List

USB Type C

Generasi USB Terbaru
kategori : Hardware/Software Terkini

Saat ini, mungkin saja belum semua dari pengguna komputer di dunia saat ini menggunakan perangkat USB 3.1, hardware tersebut sebentar lagi akan menjadi barang ketinggalan zaman. Bagaimana tidak, update USB Tipe-C ini bukanlah hal kecil – USB ini meningkatkan kinerja USB 3.0 dua kali lipat menjadi 10 Gbps!  

Pada tanggal 3 Desember 2013 lalu, USB Promoter Group mengumumkan bahwa pengembangan generasi terbaru dari konektor USB telah dimulai. Konektor USB Tipe-C, yang dirancang berdasarkan teknologi pada USB 3.1 dan USB 2.0, berbentuk menjadi lebih tipis dan lebih ramping, meningkatkan tingkat kualitas pemakaian dan langkah awal pengembangan peningkatan kinerja untuk versi USB ke-depannya. Rancangan USB 3.1 ini diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun depan.

 

Poin utama dari USB Tipe-C meliputi :

  • Desain baru yang dirancang agar bisa bekerja lebih baik dengan desain produk.
  • Ukuran yang lebih kecil – ukurannya hampir sama dengan USB 2.0 
  • Usability yang lebih baik – user tidak perlu mengkhawatirkan orientasi arah kabel, memudahkan pengguna melakukan plug-in
  • Konektor Tipe-C ini akan mendukung pengisian daya yang lebih powerful
  • Skalabilitas – desain konektor ini akan menjadi langkah awal kinerja USB di masa depan

 

Sebagai sebuah konektor tipe baru, USB Tipe-C tentu saja tidak bisa langsung digunakan pada port USB dan sambungan (Tipe-A, Tipe-B, Micro-B, dll) yang telah ada. Spesifikasi dari Tipe-C ini nantinya akan menciptakan kabel dan adaptor terbaru juga, sehingga user dapat menggunakannya pada produk yang sudah ada.

Menurut kelompok promotor USB 3.0 - (Hewlett-Packard, Intel Corporation, Microsoft Corporation, Renesas Electronics, ST-Ericsson dan Texas Instruments) – standar USB 3.1 ini “menggunakan pengkodean data yang lebih efisien dan akan memberikan kinerja dua kali lebih efektif dari USB Super Speed yang ada, sangat jauh berbeda dengan konektor USB dan kabel yang kompatibel. 

 

 

 

 

Sumber : BetaNews, USB.org



posted date : 2013-12-11 10:31:40